Bersama mas Irwan Bajang (founder Indie Book Corner) dan Dr. Nasir Tamara DEA, DESS (Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional Pertama dan Direktur PT Sritex Indonesia, perusahaan yang memproduksi beragam seragam tentara untuk banyak negara di Dunia) memantik diskusi di kegiatan "Ngobrol Bareng Cendikiawan Muda" tadi siang dalam rangka Dies Natalis ke-35 Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Kami mengobrol bersama para pimpinan OKP, Ikatan Mahasiswa Provinsi se-Nusantara dan Komunitas Digital yang ada di Jogja, dengan Tema "Kedaulatan Digital, Ketahanan Nasional".

Beberapa hal yang menjadi simpulan bersama dalam ngobrol bareng tadi :
-Kemajuan teknologi semakin memberi warna bagi perjalanan demokrasi di Indonesia, masyarakat semakin partisipatif, interaktif sekaligus menuntut transparansi kerja para elit.
-Publik harus dicerdaskan dengan literasi dan konten digital yang baik. Proyek-proyek kontestasi politik harus dijauhkan dari tujuan yang merusuh dan merobek tenun kebangsaan.
-Di tengah menegangnya politik kawasan, utamanya dampak dari pertarungan ekonomi USA-CHINA. Pemuda ditantang untuk bisa kerja cerdas, kerja panjang dan kerja kreatif. Pengelolaan SDM kaum muda menjadi poin penting agar Indonesia bisa memainkan peran strategisnya ke depan.
-Kaum muda harus ikut bertransformasi, menjadi sesungguhnya Cendikiawan Muda, mengasah kepemimpinan dan gagasan, agar era 'bonus demografi' yang akan segera di alami Indonesia dapat dipastikan melahirkan juga tak sekedar kelas produktif para pekerja, tapi para Pemimpin muda yang siap dengan gagasan baru, kerja baru, dan kemampuan survive yang siap bersaing dengan lajunya disrupsi sebagai konsekuensi dari Revolusi Industri 4.0, dimana perubahan sangat cepat, bahkan mengacak-acak pola tatanan lama untuk menciptakan tatanan baru.
Semoga manfaat,
#PEJUANG #MUDA #INDONESIA